Kamis, 08 Mei 2008

Nasionalisme dalam Sastra


Rasa nasionalisme dapat di wujudkan dengan berbagai cara termasuk lewat sastra. Dengan sastra seseorang dapat mengungkapkan rasa nasionalismenya lewat karya-karya yang ia ciptakan. Seperti kata pepatah, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang dapat menghargai para pahlawannya” dan lewat media sastra inilah kita dapat mengukapkan bagaimana rasa penghargaan kita terhadap para pahlawan atau pun terhadap bangsa ini.

Ironisnya, seiring dengan perkembangan dunia sastra dan semakin banyaknya penulis- penulis ataupun sastrawan-sastrawan yang sangat produktif menghasilkan karya-karya namun sedikit sekali diantara mereka yang menciptakan karya yang bertemakan nasionalisme atau membawa pesan moral yang dapat membangkitkan rasa nasionalisme dalam diri pembacanya. Sekarang ini, banyak orang yang produktif menghasilkan karya-karya tetapi karyanya hanya berisikan seputar masalah kehidupan yang sangat sederhana dan umum untuk dibahas. Contohnya masalah percintaan, memang membahas tentang cinta tidak akan pernah ada habisnya karena cinta adalah hal yang pasti semua orang pernah mengalaminya. Namun ada yang terlupakan oleh kita semua, perasaan cinta itu bukan hanya untuk sesama manusia saja melainkan juga terhadap bangsa dan negara ini yaitu rasa nasionalisme kita yang ternyata selama ini telah terlupakan.

Seharusnya kecintaan terhadap bangsa dan negara ini dapat terus kita pupuk terutama pada generasi muda kita agar mereka memiliki rasa nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa ini. Dan dengan media sastra inilah kita dapat membangkitkan dan terus memupuk rasa nasionalisme seluruh rakyat Indonesia.

Saya yakin seiring dengan penigkatan minat baca dan juga semakin banyaknya para sastrawan-sastrawan yang bermunculan, maka pembaca akan semakin selektif dalam memilih karya yang akan mereka baca. Melalui media sastra inilah kita dapat menigkatkan rasa nasionalisme dalam diri penulis maupun pembacanya yaitu dengan cara memberikan nuansa-nuansa kebangsaan yang dapat membangkitkan semangat nasionalisme. Dengan cara ini saya yakin bahwa nantinya bukan hanya dunia sastra saja yang akan terus maju berkembang tetapi juga negara kita yang tercinta ini karena berawal dari rasa nasionalisme inilah bangsa kita akan bangkit dari keterpurukan.

Tidak ada komentar: