Kamis, 08 Mei 2008

Membingkai cinta lewat sastra

Cinta..Sebuah perasaan yang tentunya pasti dimiliki oleh semua orang sekalipun orang itu adalah seorang gelandangan ataupun pembunuh. Setiap orang pun juga mempunyai cara yang berbeda untuk mengungkapkan perasaan cintanya, ada orang yang dapat mengungkapkannya secara langsung baik lewat ucapan atau dengan perbuatan yang Ia lakukan. Namun tidak sedikit orang yang tidak dapat menyalurkan curahan perasaannya secara langsung. Nah, orang-orang seperti inilah yang biasanya mengungkapkan perasaannya lewat sebuah tulisan.

Tanpa disadari sejak jaman dahulu orang banyak menggunakan media tulisan sebagai tempat untuk mencurahkan perasaannya. Misalnya surat cinta, sejak jaman dulu banyak orang yang tidak dapat mengungkapkan perasaannya kepada orang yang Ia kasihi secara langsung menggunakan media tulisan untuk menyampaikannya. Surat cinta tersebut biasanya berisi kata-kata maupun puisi-puisi yang sungguh puitis dan tanpa disadari orang tersebut sesungguhnya telah melakukan kegiatan bersastra. Kebiasaan seperti ini tidak hanya terjadi di jaman dulu saja, sampai sekarang eksisitensi dari surat-surat cinta tersebut masih tetap ada hanya saja keberadaannya sedikit tergeser dengan adanya media komunikasi tulis yang lebih canggih seperti SMS atau e-mail.

Banyak pula orang-orang yang mengungkapkan perasaannya lewat berpusi atau bercerita dengan tulisan. Seperti halnya kebanyakan novelis, tidak jarang diantara mereka yang mengangkat pengalaman pribadi mereka sebagai ide cerita dari karya mereka. Seperti pernyataan cerpenis Ressa Novita yang mengatakan bahwa ide cerita dari salah satu cerpennya yang berjudul The Mucus memang berasal dari pengalaman pribadinya sewaktu masih duduk dibangku SMA. Dapat juga dijadikan contoh yaitu karya-karya besar Khalil Gibran yang mengambil tema-tema cinta yang bisa jadi memang berasal dari pengalaman pribadinya.

Ternyata banyak sekali cara untuk mengungkapkan perasaan cinta kita. Kalau kita malu untuk mengungkapkannya lewat kata-kata kenapa tidak mencoba lewat tulisan. Selain bisa menggungkapkan perasaan kepada orang yang kita tuju, tidak menutup kemungkinan juga tulisan kita bisa menjadi sebuah karya yang bisa dinikmati juga oleh orang lain yang pada ujungnya bisa juga memberikan keuntungan materil untuk kita. Jadi jangan malu untuk memgungkapkan perasaan cinta kamu lewat tulisan atau sastra karena sesungguhnya semua sastra itu indah.

Tidak ada komentar: